Orang Indonesia Yang Pertama Kali Punya Mobil

http://www.terninrete.it/headlines_articoli/HL_PRD_108304/immagini/carl-benz.jpg
Orang Indonesia pertama yang tercatat sebagai pemilik mobil adalah Sunan Solo, pada tahun 1894. Mobilnya bermerk Benz, tipe Carl Benz, beroda empat. Diperlukan waktu satu tahun persiapan pembuatannya, karena tipe ini memiliki banyak variasi sesuai dengan pesanan Sunan. John.C.Potter seorang penjual mobil mendapat kepercayaan untuk mengurusi pengirimannya dari Eropa.
Tahun 1907 salah seorang keluarga raja lain di Solo, Kanjeng Raden Sosrodiningrat membeli sebuah mobil merk Daimler. Mobil merk ini memang tergolong mobil mahal dan hanya dimiliki oleh orang-orang berkedudukan tinggi. Mobil ini bekerja dengan empat silinder sama dengan kendaraan yang dipakai oleh Gubernur Jenderal di Batavia. Malahan ada kabar burung, bahwa dibelinya mobil Daimler tersebut oleh keluarga Sunan Solo, disebabkan karena Sunan tidak mau kalah gengsi dengan Gubernur Jenderal. Sebelumnya, ketika Gubernur masih menggunakan mobil merk Fiat atau sebuah kereta yang ditarik dengan 40 ekor kuda, tidak seorang pun berani menyainginya. Tetapi tiba-tiba saja Sunan Solo memesan mobil dari pabrik dan merk yang sama, Kanjeng Raden Sosrodiningrat memesan mobil Daimlernya lewat Prottel & Co.
Ni dia mobilnya …
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg6l9jQGPuegcprfr6iPdqlqUjmWdwqDC6F456gSoflOdetnktM4v2h0Z3t8qA76Usyg6yb0gVZb1xF6pjZJ8il2vpF_5F1QvC6bfC-2CujfPCNUeqtyNRTqiyo1bDtmyhbex-C4N9PbpU/s400/mobil_benz_sunan_solo.jpg
Orang Indonesia lainnya yang juga dari keluarga kesultanan yang memiliki mobil pribadi ialah Sultan Ternate pada tahun 1913. Keinginannya untuk memiliki dan mengendarai sendiri ‘kereta setan’, setelah merasakan nikmatnya duduk di kendaraan merk King Dick yang dibawa oleh seorang Belanda dalam perjalanan keliling Maluku. Sultan begitu terkesan dan langsung memesan sebuah mobil yang disesuaikan dengan kondisi daerahnya, tidak seperti King Dick yang beroda tiga, tetapi Sultan Ternate menginginkan kendaraan roda empat yang bisa dibawa kemana saja bila ia inginkan.
Ada juga orang Indonesia yang lain, sebagai pemilik mobil pertama untuk daerahnya, di Pekalongan. Namanya Raden Mas Ario Tjondro, Bupati Berebes. Di tahun 1904 mobilnya sudah kelihatan mondar-mandir di kotanya. Mobilnya merk Orient Backboard, mobil ini dilengkapi dengan persneling maju dan mundur. Tetapi hanya memiliki satu silinder dan berkekuatan delapan PK, serta menggunakan tenaga rantai untuk menggerakan roda-rodanya.

11 mobil asli buatan anak bangsa

1. Maleo

Spoiler for gambar dan keterangan:


dibidani oleh menristek BJ Habibie tahun 1996 dengan harga patokan ditarget tidak lebih dari 30 Juta agar terjangkau masyarakat, Habibie pun memutar otak untuk merancangnya mulai dari mesin yang berkapasitas 1300 cc, komponen lokal diatas 80%. Dan untuk mematangkan rencana tersebut dia menggandeng pabrikan mobil dari Australia untuk melakukan riset dengan satu unit mobil sebagai contoh telah dihasilkan. Namun sayang dana untuk itu kemudian tersedot oleh proyek mobnas Timor milik Tommy anak bungsu presiden Suharto, sehingga proyek mobnas Maleo pun terhenti.


2. Timor S2
Spoiler for gambar dan keterangan:


Meskipun pada awalnya mengambil utuh KIA Sephia sebagai produk awalnya namun Timor telah menyiapkan sendiri rancangan Mobnas generasi keduanya yang dirancang oleh rumah desain Zagato Italia, namun terhenti juga langkahnya akibat Krisis Moneter 1998 dan kejatuhan rezim ayahnya.


3. Bakrie B-97
Spoiler for gambar dan keterangan:


Grup Bakrie pun pernah menyiapkan mobil rancangannya berjenis MPV yang mana desain rancang bangun kendaraan ini telah dilakukan di Inggris, bahkan satu unit mobil contoh pun sudah dibuat dan diuji coba di sana, namun belum sempat keluar lagi-lagi tersandung krisis moneter tahun 1998 sehingga proyek tersebut tidak jadi dilanjutkan.


4 Macan
Spoiler for gambar dan keterangan:
Kendaraan sejenis MPV dengan kapasitas mesin 1.800 cc dari PT. Texmaco, dengan menggandeng Mercedes Bens PT. Texmaco mengeluarkan kendaraan ini, dan satu unit prototype sudah dipamerkan di arena pekan Raya Jakarta pada pertengahan tahun 2001, tapi belum sempat diproduksi masal PT. Texmaco keburu gulung tikar.


5. Gang car
Spoiler for gambar dan keterangan:


dari PT. DI, meskipun bidang usahanya membuat pesawat tapi PT. DI juga membuat mobil imut berkapasitas 2 orang ditenagai mesin 125-200 cc yang didesain bisa masuk gang-gang sempit di perkotaan. namun sayang proyek ini tidak pernah terdengar lagi kabarnya sejak tahun 2003 setelah PT.DI dilanda kemelut dan merumahkan 9000-an karyawannya.


6. Marlip
Spoiler for gambar dan keterangan:


Mobil listrik buatan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) memang fenomenal karena menggunakan energi alternatif selain BBM yaitu listrik. namun sayang modelnya masih jauh dari harapan sebuah mobil, entah apa yang ada dibenak orang-orang LIPI menampilkan mobil dengan energi alternatif tapi dengan desain sekelas bengkel las pinggir jalan, itulah Marlip.


7. Gea
Spoiler for gambar dan keterangan:


City car produksi bareng PT Inka dan BPPT menggunakan mesin 650 cc yang merupakan mesin asli buatan dalam negeri dari hasil riset BPPT dengan nama "Rusnas" dan karena masih dalam tahap pengembangan maka body mobil masih menggunakan fiberglass. Namun apakah setelah produksi masal nanti mereka akan menggunakan baja dengan Model seperti ini?.... Harus diingat orang membeli mobil bukan karena mesinnya saja, tapi juga tampilannya yang menarik.


8. Arina
Spoiler for gambar dan keterangan:



Karya Universitas Negeri Semarang (Unnes). Bisa dibilang langkah berani yang diambil akademisi dengan menciptakan sebuah mobil mendahului Perguruan tinggi sains ternama di Indonesia seperti ITB dan ITS, dan desain bodynya juga lebih menarik dibanding Gea dan Marlip, Namun mengandalkan mesin motor 150 - 250 cc sebagai penggeraknya? Tampaknya pihak Unnes harus memikirkan mesin yang memiliki kapasitas silinder lebih besar namun irit untuk menggendong body berkapasitas 4 penumpang, minimal 500 cc..


9. Tawon
Spoiler for gambar dan keterangan:


Diciptakan oleh produsen gas pertama di Indonesia PT Super Gasindo Jaya, dengan sumber bahan bakar bensin dan gas. Penciptanya merencanakan mobil ini untuk mengganti bajaj, hmmm.. cukup seimbanglah bila disandingkan dengan bajaj malah bisa dibilang lebih bagus, namun untuk dijual komersial apalagi dengan harga Rp 48 juta nggak menjamin mobil ini bisa diterima pasar.



10. Komodo
Spoiler for gambar dan keterangan:


dari PT. Fin Tetra Indonesia, Layaknya seekor binatang purba dari zaman pra sejarah yang masih tinggal di bumi, maka tampilan Mobil Komodo pun garang, dan memang kendaraan tersebut di desain untuk menjelajah medan offroad. Namun sebenarnya kendaraan ini bukan masuk kategori mobil lebih pas kategori ATV bahkan mesinnya pun lebih kecil dari ATV, hanya 180 cc.


11. Esemka Digdaya
Spoiler for gambar dan keterangan:


Yah sesuai namanya mobil ini adalah hasil karya anak-anak SMK 1 Singosari Malang, kendaraan ini berjenis MPV dan siapa sangka mobil hasil karya anak SMK yang nota bene masih berumur 16-17 tahun ini begitu sempurna melebihi produk mobnas pabrikan lainnya dalam PPI 2009 Di Kemayoran Jakarta. Meskipun mesinnya masih menggunakan mesin eks Timor 1.500 cc itu cuma masalah kecil, karena tinggal menggantinya saja dengan mesin berkapasitas lebih besar dengan komponen lokal yang tinggi, dijamin harga jualnya akan terjangkau. Dua jempol untuk SMK 1 Singosari Malang. 

10 Motor Tercepat di Dunia

1. Dodge Tomahawk

2. Suzuki Hayabusa

3. MTT Turbine Superbike Y2K

4. Honda CBR 1100XX Blackbird

5. Yamaha YZF R1

6. MV Agusta F4 1000 R

7. Kawasaki Ninja ZX-11/ZZ-R1100

8. Aprilia RSV 1000R Mille

9. BMW K 1200 S

10. Ducati 1098s

Berbagai Macam Mobil Polisi

Polisi Negara italia dapat dengan mudah mengklaim memiliki mobil polisi paling keren di dunia setelah Lamborghini mereka ini Gallardo LP560-4. Supercar, 203mph 560bhp menggantikan Gallardo standar telah digunakan selama empat tahun dan 87.000 mil.

The Brabus CLS V12 S Rocket, yang memiliki kecepatan tertinggi 225mph, diresmikan di Essen Motor Show di Jerman dan bersaing dengan Italia Lamborghini untuk judul mobil polisi tercepat di dunia.

Ini paket mesin V8 500bhp, dapat mempercepat dari 0-100mph hanya dalam lima detik, dan beratnya kurang dari 500kg - itu adalah Caparo T1. ada yang ingin mencoba melarikan diri dari polisi?.

Ini adalah Carbon Motors E7, prototipe mobil polisi yang baru dilengkapi dengan sensor untuk senjata pemusnah massal dan scanner numberplate otomatis yang menjadi pembicaraan konvensi penegak hukum di Amerika Serikat.

Mobil Presiden Dari Berbagai Negara



Semua pejabat tinggi di negara-negara pasti mendapat fasilitas mobil untuk perjalanan dinas mereka. Demikian juga presiden-presiden di semua negara. Presiden Amerika Obama, setelah selesai dilantik sebagai Presiden Amerika yang ke-44, dia diberi fasilitas sebuah mobil limousine, yang dikenal dengan sebutan Cadillac One. Mobil ini digunakan untuk kepentingan perjalanan dinas. Cadillac One punya presiden Obama ini dirancang khusus oleh produsen General Motor (GM) dan merupakan perpaduan model cadillac limousine dengan truk GM. Mobil ini menggunakan teknologi tinggi dengan tujuan utamanya untuk melindungi keselamatan sang presiden.

Mobil mewah ini mampu memuat tujuh orang penumpang, termasuk presiden. Tipe ban yang digunakan adalah tipe pneumatic yang dirancang tahan bocor, dengan roda yang terbuat dari baja khusus yang mampu tetap melaju tanpa ban terpasang. Panel-penel dibuat dari perpaduan unsur titanium, alumunium dan keramik sehingga menjadi sangat keras dan sangat durable sehingga tahan peluru. Pintu nya saja seberat pintu kabin pesawat Boeing 757 dan berlapis baja setebal 8 inchi. Pintu ini konon tidak hanya anti peluru akan tetapi granat saja tidak mampu meledak kannya. Di dalam mobil tersebut dilengkapi dengan senjata-senjata untuk menjaga keselamatan presiden seperti meriam gas air mata, kamera malam hari, dan aneka fasilitas lainnya.

Wah, seandainya kita bisa mempunyai mobil seperti ini diparkir di depan rumah kita ya apalagi kalau ada di halaman depan rumah kontrakan nya tetangga kita. Atau coba kita melihat mobil ini keluar dari rumah disewa di Bekasi...Wah..pasti dech mata kita melotot.

Di Indonesia, sebelum tahun 2009 Presiden SBY sering terlihat menggunakan mobil Mercedes-Benz S600 keluaran tahun 1994 yang dibuat dari baja anti peluru. Mobil ini dulu juga dipakai oleh presiden Indonesia sebelumny, Presiden Suharto. Namun sejak tahun 2009 Presiden SBY telah menggunakan mobil Mercedes-Benz keluaran tahun 2008 dan yang keluaran tahun 1994 dijadikan cadangan.

Mari lihat mobil-mobil orang nomor satu di masing-masing negaranya. Kita Mulai dengan yang paling butut yakni Iran dulu, baru selanjutnya kita mulai dari Indonesia ya.


Iran
Mobil presiden Iran mungkin adalah yang paling sederhana dibanding dengan mobil-mobil presiden negara lainnya. Konon menurut khabar, ini bukanlah karena negara tersebut tidak mampu membelikan presiden nya mobil bagus, akan tetapi memang presiden nya mempunya sifat sederhana dan menjunjung tinggi kesejahteraan rakyatnya.

Indonesia

Amerika

Austria

Bostvana

Brunei

Cheko

France

Hongkong

Iceland

Jepang

Jerman

Monaco

Inggris


Nepal


Rusia